RSS

FILE READY TO PRINT YANG SESUAI KRITERIA LeMuel

04 Jun

FILE YANG SESUAI KRITERIA LeMuel

LeMuel adalah perusahaan cetak berbasis digital printing. Kami lebih fokus terhadap jasa cetaknya sehingga kami tidak menyediakan jasa design. Untuk itu konsumen harus menyiapkan filenya sendiri dan dikirimkan ke kami dalam bentuk sudah jadi atau siap file.

Pernah kami mendapatkan orderan cetak Skin Gadget. Filenya ukuran 25 kb, 30 kb. Jadi kami harus design ulang, dan gambar ulang jika tidak ada di internet, dimana semua itu membutuhkan proses. Nah si Customernya tidak mempedulikan hal ini, mereka hanya acuan file sudah jadi. padahal kendala untuk mendesign ini sangat banyak, diantaranya adalah antrian design, harus gambar ulang dengan vektor. Karena kami peduli dengan kualitas cetakan kami maka semua itu kami kerjakan. sehingga terjadi keterlambatan dalam proses produksi, Kami sudah memberikan pengertian kepada Customer, tetapi konsepnya mereka estimasi jadi bukan proses alur yang ada pada kami. Karena setiap pekerjaan design kami mengerjakannnya bukan dengan asal-asalan. kami harus memberikan kualitas cetakan. Dan kami tidak memberikan biaya design supaya Kami memberikan dengan harga murah dan kualitas cetakan bagus. Ujung-ujungnya kami merasa kerja susah payah kami tidak dihargai, mereka mengkritik kami habis-habisan dan akhirnya beberapa customer kami meninggalkan kami. Ya kami memang memberikan estimasi proses, tetapi estimasi dan realita bukanlah hal yang sama. realita ada hambatan, ada tantangan dimana kami harus menggambar ulang berupa garis (vektor) jika gambar tidak dapat kami temukan.

Berangkat dari peristiwa tersebut akhirnya kami mengedukasikan kepada Customer setia kami, jika agan ingin layanan cetak cepat selesai, maka file yang agan masukkan ke dalam kami harus file ready to print. Untuk memudahkan pengerjaan maka kami akan membagikan informasi mengenai file-file yang bisa diterima di LeMuel sehingga proses produksi bisa lebih lancar dan tidak merepotkan semua pihak.

PRINSIP UTAMA FILE SIAP PRODUKSI di LeMuel

Ada 2 jenis cetakan yang biasa kami kerjakan dan kedua jenis cetakan itu membutuhkan file yang berbeda, adapun 2 jenis cetakan itu adalah sebagai berikut :

1. Cetak Only atau Cetak Saja : File yang bisa kami terima adalah JPG, PDF, PSD, COREL,TIFF, PNG, Bitmapp.

Kriteria file untuk jenis pekerjaan ini adalah sebagai berikut :

-Ukuran sesuai aslinya atau 100%, jadi jika anda ingin mencetak ukuran 1x1m maka ukuran filenya juga harus 1x1m. Begitu pula jika anda ingin mencetak dengan ukuran 3 x 3 cm maka ukuran filenya juga harus 3 x 3 cm. Kami tidak bisa menanggung resiko hasil cetakan blur atau kurang tajam jika file kecil di perbesar atau sebaliknya.

– Resolusi file terbaik adalah 300 DPI dan minimal 150 untuk semua jenis cetakan kecuali SPANDUK. Untuk spanduk bisa menggunakan resolusi 75 DPI.

– Sangat disarankan untuk mengirimkan file yang masih editable atau bisa di edit agar kami bisa menyesuaikan dengan mudah sesuai ukuran cetak mesin dan area bahan.

Contoh Orderan Print only adalah : Kartu nama, banner, spanduk, undangan, photo, kanvas, poster dan sebagainya. Intinya yang cetakannya hanya memiliki bentuk kotak dan persegi panjang.

2. PRINT & CUT : Print & Cut adalah proses dimana gambar dicetak dan kemudian di potong sesuai dengan pola atau bentuknya Untuk jenis orderan ini maka kami hanya menerima file dalam bentuk COREL DRAW, ILUSTRATOR, eps, pdf vector.

Kriteria file print & cut :

1.Ukuran file sesuai aslinya dan gambar yang di dalam pola potong memiliki resolusi minimal 300 DPI

2.Semua jenis FONT harus di CONVERT ke CURVE agar tidak terjadi missing font

3.Pola cutting HARUS DALAM BENTUK VECTOR dengan ketipisan HAIRLINE

Contoh barang yang termasuk dalam PRINT & CUT adalah : sticker vinyl, sablon kaos digital, print gantungan kunci acrylic, sticker die cut, striping motor, skin handphone, skin laptop dan aneka cetakan yang dipotong sesuai dengan polanya.

FILE UNTUK PRODUKSI PRINT & CUT

A.Kriteria Utama file Print & Cut adalah sebagai berikut :

1. Memiliki design atau gambar bebas dengan batas potong yang jelas. Lihat pada gambar di bawah dimana garis potong dan design utama memiliki batas yang jelas.

2. Pola potong atau garis potong masih dalam bentuk vektor dan terpisah dari design atau image utamanya.

Dalam gambar di bawah di tunjukkan bahwa garis potong berwarna oranye dan garis potong ini bentuknya harus VECTOR, sedangkan design utama bisa berupa bitmap, jpg dan sebagainya.

Garis Potong ini tidak akan tercetak jadi tidak masalah diberi warna apa saja yang jelas dia harus dalam bentuk vetor terpisah sebagai acuan mesin cutting memotong hasil print sesuai polanya. Untuk gambar utama bisa di design menggunakan software apa saja misal photoshop, corel, illustrator atau asal comot dari internet. Akan tetapi untuk pola potongnya harus dibuat di dalam VECTOR dan karena di LeMuel menggunakan corel maka disarankan untuk corel atau ilustrator.

 

 

3. Garis Potong / Outline Pola bisa berada di luar atau di dalam gambar utama. Jika anda menaruh garis potong di luar gambar maka di hasil cetakan akan ada list putih atau list warna sesuai warna dasar bahan di sekelilingnya dan jika anda menaruh garis potong di dalam gambar utama maka hasil cetakan tidak akan memiliki list.

B. Layout atau Menyusun design Print & Cut Dalam Lembar Kerja

Jika anda sudah paham tentang file PRINT & CUT maka langkah selanjutnya yang harus dipahami adalah bagaimana melayout atau menyusun design-design tersebut sesuai dengan lembar kerja atau area bahan baku yang tersedia di Lemuel dan sesuai dengan daftar harganya.

Dua (2) hal penting yang wajib anda ketahui dalam hal layout adalah :

1.Ukuran bahan yang tersedia di LeMuel, informasinya dapat ditemukan di daftar harga LeMuel.

Anda harus menggunakan ukuran sesuai ini atau sebaiknya dikecilkan karena akan ada area yang dipakai untuk pegangan mesin dan cropmark sebagai tanda potong.

2. Area cetak yang bisa tercakup sesuai ukuran bahan. Dalam proses print & cut memang tidak mencetak garis potong tetapi kita harus mencetak registrasi mark atau crop mark sebagai bahan mesin mendeteksi posisi garis potong sehingga hasil cetakan bisa dipotong secara presisi, untuk itu anda harus mengecilkan area cetak sekitar 10 cm keliling dari area bahan. Contoh, anda akan mencetak sticker ukuran 100 x 100 cm maka area yang bisa anda pakai hanyalah 90 x 90 cm.

3.Jika anda memerlukan informasi detail maka anda bisa menghubungi crew Lemuel untuk menanyakan area cetak maksimal di setiap jenis produk yang kami keluarkan.

 

Keterangan :

1.Area putih adalah area bahan

2.Area ungu adalah area cetak dimana anda bisa melayout atau menyusun design-design anda semaksimal mungkin.

3.Ingatlah untuk selalu memberi jarak minimal 3 mm antar design agar memudahkan proses pemotongan nantinya

C. Contoh Layout Design File Print & Cut

Dalam proses cetak digital, anda bebas mencetak berbagai gambar dengan aneka model dan bentuk pola potongnya asal masih muat di area cetak saja gan. Tentunya itu semua dipengaruhi ukuran hasil cetakan yang anda inginkan, semakin besar maka semakin sedikit hasilnya dan begitu juga sebaliknya. Berikut kami tampilkan beberapa contoh layout file print & cut sehingga anda semakin paham bagaimana menyiapkan file untuk mencetak di LeMuel.

 

Advertisements
 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: